Pentingnya Melakukan Segmentasi Pasar Untuk Mengembangkan Bisnis

     Mendirikan suatu bisnis sangatlah tidak mudah seperti yang dibayangkan. Karena untuk mencapai suatu keuntungan yang diinginkan itu harus diperlukannya suatu proses serta hambatan-hambatan yang menjadi penghalang perjalanan bisnis. 

Oleh karna itu, di butuhkannya suatu metode tertentu untuk dapat memaksimalkan suatu bisnis yang dijalankan selama ini dengan digunakannya suatu pola dengan metode tertentu seperti melakukan suatu analisis segmentasi pasar.

Segmentasi pasar merupakan pola yang dipakai oleh seorang  pengusaha untuk mengelompokkan konsumen menjadi beberapa bagian seperti kebutuhan dan katerialistik serta prilaku konsumen di dalam pasar tententu dalam artian untuk menganalisis dan mengindantifikasi konsumen yang berada dipasar mulai dari kebutuhan, serta jenis produk dan suatu teknologi yang dipakai  untuk melakukan pelayanan terhadap konsumen.

Menganalisis segmentasi pasar Adalah salah satu hal yang terpenting untuk dilakukan oleh seorang pengusaha karena dengan menganalisis segmentasi pasar akan memudahkan seorang pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara meningkatkan  pelayanan kepada konsumen agar menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, pengusaha juga dapat menentukan suatu bisnisnya menjadi lebih terarah hal tersebut akan memudahkan  untuk mernyusun suatu bisnis plan dengan mudah dan mempercepat anda untuk mencapai target pemasaran yang diinginkan serta dapat diketahuinya lawan bisnis yang di jalankan.

Dan Untuk melakukan suatu segmentasi pasar di haruskan  agar dapat mengenali dasar - dasar dari segmentasi pasar tersebut. Seperti :

1. Demografis

Demografis ini menjadi suatu pola untuk bagaimana diketahuinya jenis produksi apa saja yang di layani,  dan dengan kapasitas produk berapa yang dapat di layani dan juga dimana lokasi yang di layani.

2. Jenis operasi

Jenis operasi ini menyangkut  beberapa komponen seperti penggunan teknologi, tingkat penggunaan dan kebutuhan konsumen.

3. Pendekatan pembelian

Seperti keuangan, hubungan dengan pelanggan, kebijakan pembelian dan kateria pembelian.

4. Situasi

Situasi ini berupa spesialisasi penjualan, dan jenis produk yang diinginkan pelanggan, serta bagaimana ukuran pembelian yang dilakukan.

5. Karakteristik individu

Dalam hal ini harus diketahuinya bagaimana perilaku konsumen dan produk apa yang dibutuhkan.

Dengan bergitu bisnis yang di jalankan akan mudah,  karena pemasaran bukan hanya melakukan suatu penjualan produk melainkan juga harus dapat memperhatikan segmen dari pasar itu sendiri. Karena tanpa melakukan segmen pasar suatu bisnis tidak akan berjalan dengan lancar dan tidak akan bertahan lama dan bisa terjadinya suatu kegagalan ( berhenti selamanya).

 

Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Bisnis

Market Segmentation atau Segmentasi pasar merupakan pengelompokan konsumen atau pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang tidak sama dalam suatu pasar tertentu. Sehingga nantinya konsumen atau pembeli tersebut akan menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing tersendiri. Dengan kata lain, pasar yang tadinya hanya satu dan luas, dijadikan beberapa pasar yang bersifat homogen setelah mengalami sebuah segmentasi. Segmentasi ini bertujuan untuk merangkai suatu proses pemasaran yang lebih terarah agar sumber daya yang ada dapat digunakan secara efektif dan efisien.

 

Tujuan dan Manfaat Melakukan Market Segmentation

Tujuan utama pengelompokan pasar adalah untuk membagi pasar yang masih sangat luas menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen. Secara lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa tujuan dilakukannya pengelompokan pasar:

Untuk memudahkan dalam membedakan pasar, dimana minat dan selera konsumen sangat beragam dan akan terus berkembang. Dengan mengelompokkan konsumen yang bersifat homogen, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil akhirnya adalah suatu pasar akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar yang lainnya.

Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Dengan melakukan market segmentation, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.

Strategi pemasaran menjadi lebih terarah, termasuk dalam menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi. Dengan adanya pengelompokan pasar, maka suatu bisnis dapat mengarahkan dana dan usahanya ke dalam market yang potensial dan lebih menguntungkan.

Lebih mudah dalam mengenal kompetitor dengan segmen yang sama. Dengan begitu, suatu bisnis dapat mempelajari dan meniru strategi pemasaran kompetitor sehingga dapat merebut perhatian konsumen.

Lebih mudah dalam mengevaluasi target dan rencana bisnis.

Segmentasi pasar dilakukan bukan tanpa alasan, tetapi ada beberapa manfaat yang ingin didapatkan oleh suatu bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

Dapat memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.

Akan lebih terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.

Untuk mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.

Dapat menyusun dan menggunakan budget yang ada secara efektif dan efisien.

Akan lebih terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.

            Akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar. 

Lebih baru Lebih lama