Fungsi E-Commerce bagi Toko Online Yang Harus Kamu Ketahui

 E-Commerce (Electronic Commerce) atau bahasa Indonesia nya perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet. Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar isitlah E-Commerce ini mungkin masih bingung kaitan atau hubungan E-Commerce dengan toko online.

E-Commerce sendiri berfungsi untuk memfasilitasi bisnis di internet, kita dapat membeli dan menjual produk atau jasa secara online. Setiap bentuk transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik disebut dengan E-Commerce. Berikut adalah cakupan umum pada E-Commerce.

Fungsi E-Commerce bagi Toko Online

Belanja Online

Membeli dan menjual barang lewat Internet merupakan salah satu contoh yang populer dari e-commerce. Penjual membuat etalase melalui website toko online mereka dengan menampilkan gambar-gambar menarik, lalu pembeli cukup melakukan obeservasi dengan mengklik barang yang mereka inginkan dan melanjutkan ke pembayaran.

Pembayaran Elektronik

Ketika kamu membeli barang secara online, maka akan ada mekanisme pembayarannya, entah itu transfer, menggunakan kartu kredit atau paypal dan menu pembayaran lainnya.

Tiket online

Tiket pesawat, tiket film, tiket kereta api, tiket bermain, tiket untuk acara olahraga dan hampir semua jenis tiket dapat dipesan secara online. Membeli tiket secara online menghindari antrian pembelian di loket tiket.

Model-Model E-Commerce di Indonesia

Model Iklan Baris

Iklan baris tergolong E-Commerce yang sederhana, atau bisa dibilang iklan baris sebagai evolusi dari iklan yang biasa kita temui di koran-koran yang diaplikasikan ke dunia online.

Penjual bisa memasarkan produknya di website atau forum yang menyediakan sarana untuk beriklan. Cara kerja ini tidak seperti keranjang belanja yang biasa ditemui di toko online, tapi calon pembeli menghubungi penjual dari kontak yang diberikan dari penjual dan berkomunikasi langsung untuk melanjutkan transaksi. Transaksi biasanya berupa transfer atau cash on delivery, tergantung kesepakatan antara si penjual dan si pembeli.

Lebih baru Lebih lama