Pentingnya Berinvestasi Untuk Masa Depan

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini sedang berkembang, pada tahun 2016 ditunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi adalah investasi. Berinvestasi adalah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu yang lama dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Selain itu, investasi merupakan langkah awal dalam membangun perekonomian. Oleh karena itu, dengan berinvestasi Anda dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Lantas apa saja manfaat berinvestasi selain membangun perekonomian negara? Manfaat berinvestasi memiliki dampak yang besar bagi kelangsungan hidup Anda di masa depan. Ini adalah apa yang Anda dapatkan ketika Anda berinvestasi.

  • Membangun Masa Depan

Dengan berinvestasi, Anda bisa mulai merencanakan masa depan agar Anda kemudian tetap aman. Dimulai dengan mempersiapkan biaya pendidikan dan menjamin keuangan keluarga Anda. Anda mendapatkan keuntungan ini dengan berinvestasi jangka panjang, sehingga Anda dapat menikmatinya nanti.

  • Memiliki penghasilan yang stabil

Jika Anda berinvestasi, Anda akan merasa terjamin karena aset investasi Anda akan menghasilkan keuntungan. Hal ini karena aset investasi Anda dapat menghasilkan uang sendiri sehingga keuntungan yang diperoleh meningkat dan Anda dapat menikmatinya.

  • Minimalkan risiko terlilit hutang

Jika Anda ingin meminimalkan risiko utang, berinvestasilah dengan menyisihkan pendapatan setiap bulannya dalam bentuk tabungan atau asuransi. Selain itu, kamu juga akan lebih terpacu untuk hidup lebih hemat karena harus menyisihkan penghasilan setiap bulannya. 

  • Bangun kehidupan keluarga yang bahagia

Dengan berinvestasi, Anda dapat membangun kebahagiaan dalam kehidupan keluarga Anda. Di mana kebutuhan keluarga Anda yang harus dipenuhi di masa depan telah disiapkan. Anda dan keluarga bisa hidup tenang tanpa perlu khawatir dengan biaya hidup, biaya pendidikan, dll.

Jenis investasi yang dapat Anda lakukan


Untuk menuai keuntungan di atas, tentunya Anda harus menentukan jenis investasi yang tepat. Ini adalah jenis investasi yang dapat Anda lakukan

  • Tabungan

Jenis investasi ini dapat Anda lakukan dengan cara menyimpan sejumlah uang di bank yang dapat Anda gunakan di kemudian hari jika diperlukan. Jenis investasi tabungan ini dapat memudahkan Anda karena dapat diambil saat Anda membutuhkannya, bebas risiko, dan transaksinya mudah. Namun jenis investasi ini memiliki kelemahan yaitu uang yang ditabung dapat dengan mudah berkurang karena dapat dengan mudah diambil setiap saat dan bunga tabungannya kecil. Oleh karena itu, jika Anda memilih jenis investasi ini, pastikan tidak mudah mendapatkan uang dan menabung secara teratur.

  • Deposito

Jenis investasi ini lebih baik daripada menabung dimana jika belum kadaluarsa maka uang tidak dapat ditarik sebelum waktu yang telah disepakati. Jika Anda masih ingin mengambilnya, Anda akan menerima denda atau penalti yang disepakati. Selain itu, keuntungan lain dari jenis investasi ini adalah risiko rendah dan tingkat bunga yang lebih tinggi. Namun, bunga yang Anda terima tidak terlalu besar dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

  • Emas

Jenis investasi ini merupakan jenis investasi yang cukup menarik bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan harga emas mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi emas, maka lebih baik membeli emas batangan atau koin agar tidak mengeluarkan biaya tambahan seperti biaya produksi. Selain memiliki harga yang stabil dan cenderung naik, emas merupakan jenis investasi yang tahan lama dan mudah dijual. Namun, ini tidak dapat memberikan pendapatan atau keuntungan reguler mengingat kemungkinan harga emas jatuh.

  • Properti

Jenis investasi ini hampir sama dengan jenis investasi emas, dimana harga properti cenderung naik. Jika Anda tertarik untuk memilih jenis investasi ini, maka Anda bisa membeli properti seperti rumah dengan lokasi yang strategis dan menjualnya di kemudian hari karena hal ini dapat meningkatkan harga jual. Namun, jenis investasi real estate ini membutuhkan modal yang cukup besar dan tidak mudah untuk dijual.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi, segera lakukan dan pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar kehidupan Anda di masa depan lebih terjamin.

Sumber : www.danareksa.co.id


Lebih baru Lebih lama