Hati-hati! Inilah ciri-ciri investasi palsu berkedok Trading Forex

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan meminta masyarakat mewaspadai modus penipuan baru melalui situs investasi penipuan. Pasalnya, Bappebti, Kementerian Perdagangan, telah memblokir 954 domain website untuk entitas di bidang perdagangan berjangka komoditas atau PBK yang belum memiliki izin sejak Januari 2021. Sementara itu, registrasi Bappebti menunjukkan jumlah crash terbanyak terjadi di Agustus 2021, mencapai 249 situs. Plt. Kepala Biro Hukum dan Kepatuhan Bappebti M. Syist mengatakan selain menggunakan mode lama, berbagai entitas yang dikunci juga dipantau menggunakan modus baru.

1. Investasi member get member

Bappebti mengatakan bahwa penipuan investasi yang paling umum adalah memberikan penawaran investasi, tetapi calon investor juga diminta untuk mencari anggota baru dengan sistem member get member. Modus terbaru adalah penawaran paket investasi valuta asing berkedok penjualan robot trading melalui paket investasi dengan sistem member get member, kata Syist dalam keterangan resmi, Minggu (18/9/21). 

2. Duplikasi situs resmi 

Syist mengatakan bahwa entitas yang diblokir masih menjalankan berbagai modus yang sering digunakan. Misalnya, duplikasi situs web pialang berjangka berizin Bappebti, situs web pengantar pialang berjangka asing dan penawaran paket investasi valas dengan kedok penjualan robot trading.

“Biasanya menawarkan investasi berkedok valas dengan menjanjikan pendapatan tetap berupa paket investasi dengan mendukung legalitas pialang berjangka yang memiliki izin usaha Bappebti, menjadi pialang pengantar (IB) pialang asing, menawarkan opsi biner pada kontrak komoditas seperti seperti emas, dan kontrak pertukaran mata uang. kurs,” ujarnya. 

3. Mencatut izin 

Selama pemantauan Agustus 2021, Bappebti masih menemukan penawaran, pengumuman, dan pengumuman investasi di PBK menggunakan robot trading atau expert advisor (EA). Mereka menunjukkan legalitas berupa izin penjualan langsung (SIUPL). ) untuk melakukan usaha di bidang penjualan langsung dalam bentuk software e-book, namun kenyataan di lapangan Bappebti menemukan adanya praktek penawaran paket investasi dengan menggunakan robot trading (EA) dengan sistem membership gain. , alih-alih menjual e-book sebagai izin usaha penjualan langsung yang diberikan. Ada juga entitas yang menawarkan paket investasi robot trading (EA) hanya dengan menyertakan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB).

Lebih baru Lebih lama