Asal-Usul Gado-Gado

 

            Gado-gado adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Jakarta, Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur dan pada umumnya banyak yang menambahkan kentang rebus yang sudah dihaluskan untuk dicampur bumbu kacang, kentang rebus dimasak bersama dengan bumbu kacang kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

          Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti selada dengan bumbu/saus kacang, tetapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong. Adanya makanan Gado-gado bermula kesultanan Mataram yang dipimpin Sultan Agung melakukan Penyerbuan di Batavia kehabisan pasokan bahan makanan terutama beras, selain itu lumbung-lumbung beras di sekitar Batavia dibakar oleh VOC, sehingga membuat perajurit warok dari Ponorogo yang tergabung dalam pasukan perang membuat sambal bumbu pecel dari kacang, kemudian disiramkan ke berbagai sayuran mentah yang ada di sekitar persawahan untuk bertahan hidup. Tindakan ini dalam bahasa jawa disebut Gado yang berarti makan hanya lauk saja atau makan lauk tanpa nasi, apa yang dilakukan oleh warok ini diikuti oleh prajurit lainnya untuk memakan sayur seadanya yang disiram sairan bumbu pecel. Dengan perkembangan zaman, kini gado-gado ditambahkan lontong yang diiris kecil, telur dan kerupuk yang disajikan di warung kecil hingga restoran. Memiliki manfaat kesehatan bagi peng konsumsi nya

        Walaupun dianggap sebagai makanan yang “jahat” bagi yang sedang berdiet, namun kandungan isi dalam seporsi gado-gado juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi penikmatnya. isian kangkung rebus terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C, protein kalsium danfosfor serta zat besi. Kangkung dalam hal ini juga berfungsi sebagai anti racun.

    Sementara itu sayur tauge dalam seporsi gado-gado juga memiliki fungsi untuk mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah kanker payudara dan diyakini dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Selain itu kandungan sulforaphane dalam irisan kubis dapat mencegah pertumbuhan tumor dan anti kanker.

Tidak di sarankan bagi orang diet ...

        Jika masyarakat khususnya yang sedang menjalankan diet masih mengandalkan gado-gado sebagai makanan beratnya, sebaiknya pola tersebut harus segera diubah. Disebutkan jika sayuran sebanyak 2-3 genggam mengandung kalori sebesar 40 kalori. Satu buah lontong memiliki sekitar 150 kalori. Selain itu kalori dalam kerupuk yang digoreng serta jumlah kalori yang paling besar dalam satu porsi gado-gado berasal dari bumbu kacang.Mengingat bumbu kacang terbuat dari kacang tanah yang digoreng menggunakan minyak goreng terlebih dahulu sebelum dijadikan bumbu dan ditambah garam dan gula. Satu sendok makan bumbu kacang mengandung sekitar 130 kalori.

Lebih baru Lebih lama