Mentoring - Membantu Remaja Mengalahkan Tekanan Di Masa Remaja

Hai Sobat caraebit.com , Semoga sehat selalu. Oke langsung Saja kali ini tulisan tentang :

Mentoring  - Membantu Remaja Mengalahkan Tekanan Di Masa Remaja

caraebit.com

Remaja menghadapi tahap paling kritis dalam hidup mereka - masa remaja. Pada tahap ini, mereka mengalami transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa; dalam proses transisi, remaja menghadapi banyak perubahan biologis, emosional, sosial dan psikologis. Seringkali, perubahan ini membuat hidup seorang remaja sengsara. Ada keinginan besar untuk menyesuaikan diri, diterima apa adanya, untuk menemukan jati diri mereka, dan untuk menyadari kekuatan dan kelemahan mereka sendiri. Di sinilah pendampingan sebaya menjadi banyak bantuan. Itu membuat remaja dibimbing dan membuat mereka merasa dicintai, diperhatikan, dan diterima.

Fitur dan Program Mentoring Sebaya

Rekan mentoring adalah sejenis program mentoring yang mencocokkan antara remaja yang lebih tua dengan yang lebih muda. Yang pertama memberikan bimbingan, nasihat, dan semua bentuk dukungan yang mereka butuhkan untuk dapat memenuhi tantangan kehidupan remaja. Pemuda yang lebih tua tidak hanya menjadi mentor tetapi juga sebagai panutan bagi yang lebih muda. Mereka tidak sempurna tetapi telah melalui tahap yang sama dan kemungkinan besar, masalah, kesulitan, dan tantangan yang sama di rumah, sekolah, dan komunitas mereka; mereka berada dalam posisi untuk memberikan nasihat yang ramah, pengaruh positif, perhatian, dan dukungan moral kepada remaja yang lebih muda ini.

Program pendampingan, baik di sekolah, komunitas lokal, maupun organisasi kepemudaan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

• Berpusat pada kebutuhan remaja - Setiap program peer mentoring dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik remaja yang akan didampingi. Mereka yang berasal dari keluarga broken home, misalnya, mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk konseling dan kegiatan rekreasi yang akan membantu mereka mengalihkan pikirannya tentang pengalaman sedih di rumah ke pengalaman bahagia. Mereka yang memiliki masalah akademis mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk tutorial.

• Peserta secara sukarela mengikuti program pendampingan sebaya - Sebagian besar keberhasilan pendampingan sebaya terletak pada partisipasi sukarela pembimbing dan remaja yang lebih muda. Mahasiswa tidak boleh dipaksa untuk mengikuti program peer mentoring karena ini hanya akan mempersulitnya. Siswa pertama-tama harus mengakui kebutuhan untuk memiliki seorang mentor, seseorang yang lebih tua, lebih luas, dan lebih berpengalaman darinya. Hanya dengan menyadari kebutuhan ini dia dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan program pendampingan.

• Mentor terikat oleh tanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan - Kepercayaan sangat penting dalam membangun hubungan yang baik antara mentor dan siswa; oleh karena itu, adalah suatu keharusan atau pembimbing untuk merahasiakan hal-hal yang dia dan siswa bicarakan. Tanpa kepercayaan, akan sulit bagi orang yang dibimbing untuk membicarakan hal-hal yang dia rasakan dan pikirkan terutama tentang masalah-masalah yang sangat kritis yang melibatkan dia, teman dekat atau keluarganya.

Bergabung dengan Program Mentoring

Mengikuti program peer mentoring dimulai dengan keinginan untuk menjadi bagian dari support group atau program yang bertujuan untuk menciptakan perubahan baik dalam kehidupan mentor maupun orang yang lebih muda untuk didampingi.

Jika Anda ingin menjadi mentor, pertama Anda harus siap dalam segala aspek. Apakah Anda memiliki rencana bagaimana melakukan peer mentoring? Tahukah Anda apa yang harus dilakukan ketika mencoba situasi muncul? Apakah Anda memiliki kesabaran yang diperlukan untuk menghadapi orang yang mungkin mengalami saat-saat sulit dalam hidupnya? Bagaimana Anda menangani masalah seperti awal kehamilan, perceraian, dan kecanduan narkoba?

Bila sudah siap, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari program mentoring kencing yang sesuai dengan minat Anda. Anda dapat mencarinya di sekolah, komunitas lokal, dan bahkan online. Anda juga dapat meminta rekomendasi guru, teman sekolah, dan teman Anda. Anda juga dapat bertanya kepada ketua gereja komunitas lokal atau organisasi pemuda di komunitas Anda atau daerah tetangga.

Itulah sedikit ulasan dari caraebit.com 

Terimakasih sudah membaca blog cara ebit semoga bermanfaat. Jangan Lupa Share Dan Bagikan Kepada Semua Orang.

Judul : Mentoring  - Membantu Remaja Mengalahkan Tekanan Di Masa Remaja

Link :   https://www.caraebit.com/2021/04/mentoring-membantu-remaja-mengalahkan.html

Lebih baru Lebih lama