Pentingnya Nilai Spiritual Dalam Dunia Berbisnis


Pengusaha Bisnis

Semoga sobat cara ebit selalu dalam lindungan Allah SWT, pembahasan ini  tentang pentingnyanilai spiritual dalam dunia berbisnis.Begitu banyak pengusaha dalam berbisnis,berbagai cara mereka melakukan untuk menuju kesukesan dalam berbisnis, ada yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuanya, kebohongan, keserakahan. dan korupsi. Namun begitu berat tantangan dan resiko yang mereka hadapi, tak jarang mereka harus menghadapi kegagalan-kegagalan, kerugian-kerugian, serta tekanan lain dan sebagainya yang menyebabkan seorang pengusaha mengalami jatuh mental  (mental break down). Pada keadaan seperti itu banyak pengusaha menjadi stres dan lainnya.

Perkembangan dunia saat ini semakin maju, ditandai dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan, semakin canggihnya teknologi dan bisnis yang makin modern, namun banyak pengusaha yang merasa kosong jiwanya dan kehilangan makna kehidupan. Mereka merasa hidupnya tidak bahagia walau semua pencapaian kesuksesan menurut ilmu pengetahuan modern sudah mereka raih. Pada kondisi ini banyak pengusaha yang mulai mencarai makna dan tujuan hidup yang lebih tinggi (greater meaning & purpose) dengan mendalami kecerdasan spiritual dan menerapkan nilai-nilainya.

spiritual

Dalam dunia_ Enterpreneur_, gejala menuju spiritual ini dapat kita lihat dalam buku-buku seperti Good to Great karya Jim Collins,The Coporate Mystic karya Prof.Gay Hendrick dan Kate Ludeman, . Meskipun mereka belum menyatakanaya secara eksplisit tentang kata "spiritual" dalam a, namun secara garis besar buku ini sarat dengan nilai-nilai spiritual. Mereka menyadari betapa pentingnya nilai-nilai luhur _(great values) atau sekarang lazim disebut spiritual values diterapkan kalangan entrepreneur atau pengusaha. Nilai-nilai luhur dapat memberikan arti penting dalam strategi terhadap bisnis.

Seorang entrepreneur harus menyadari bahwa dala setiap usaha kita terdapat campur tangan Sang Khaliq. Untuk itu sudah seharusnya kita menjunjung nilai-nilai agama dan mengimplementasikanya kedalam kehidupan. berbisnis. Prakteknya adalah dengan melakukan aktivitas vertikal (transenden), yakni berupa kepedulian terhadap karyawan, pelanggan,lingkungan dan masyarakat sekitar. Intinya spiritual Enterpreneurship dala islam adalah melakukan semua aktivitas untuk beribadah kepada Allah dan memberikan manfaat pada orang lain.

"apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi dan carilah karunia Allah dan Ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung" (Qs al-Jumu'ah:10)

Jadi seorang pengusaha harus memiliki spiritual dalam mengelola usahanya sehingga perusahannya pun dibangun dengan mengunakan modal spiritual. Perusahaan berbasis modal spiritual akan melihat bisnis merupakan tujuan manusia yang lebih luas dan merupakan bagian dari pengabdian dan tanggung jawab terhadap masyarakat, bumi dan kehidupan itu sendiri sebagai ibadah.

Semoga pembahasan ini dapat diterapkan dalam kehidupan kita agar setiap usaha yang kita jalankan selalu diberikan Ridho dari Allah SWT.amin

Lebih baru Lebih lama