Mengenal Tujuh Social Media Terpopuler Terkini

Hai, semua  selamat malam sobat cara ebit, semoga sehat selalu ya, Kali ini cara ebit ingin memberikan sedikit tips untuk social media apa saja si yang bisa kita manfaatkan untuk sebuah usaha dengan mengenal tujuh social media terpopuler Terkini yu simak baik-baik yang cara ebit berikan.

1. FACEBOOK
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg sangat terkenal, Pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai hingga 122 juta orang dan masih bertambah. Maka media ini adalah media wajib yang harus dimaksimalkan bagi setiap pebisnis online.karna facebook social media terpopuler.

Dulu cara ebit membuat fanspage tentang jualan Jersey, baju dan lainnya, Alhamdulillah banyak peminatnya, dari hasil jualan cara ebit bisa lulus kuliah.
Media Facebook ini sangat cocok sekali untuk membangun personal branding, dengan tujuan agar kalian semakin dikenal. Setelah dikenal, kalian akan lebih mudah untuk dipercaya.

Dalam Bisnis Online, kepercayaan adalah satu hal yang harus dimiliki pebisnis untuk berhasil Jualan. No Trust No Sale, Tidak ada kepercayaan maka Tidak akan ada penjualan.
Selain itu, Facebook juga digunakan untuk mengumpulkan database. Karena penggunanya banyak dan segmented, kita bisa tentukan mana yang merupakan target market kita dan mana yang bukan.

2. WHATSAPP
Siapa yang tidak kenal dengan media yang satu ini, Whatsapp salah satu media chatting yang digunakan banyak oleh banyak masyarakat kekinian. Bahkan semenjak ada Whatsapp, media komunikasi pesan singkat bergeser dari SMS dan BBM kini orang lebih suka pakai WA

Hanya menggunakan paket data yang hemat, tidak ada iklan, pengirimannya cepat, tersambung dengan kontak handphone, menyimpan kontak tak terbatas, mudah untuk broadcast dan masih banyak kelebihan lainnya dibandingkan SMS dan BBM.

Whatsapp juga karena sifatnya fast respond, banyak digunakan para pebisnis sebagai media untuk bertransaksi lebih lanjut dari social media. Mulai dari edukasi produk, melakukan penawaran, negosiasi, follow up hingga closing bisa dilakukan di whatsapp.
Whatsapp juga bisa digunakan sebagai sarana personal branding, dengan membuat grup sharing atau membuat program broadcast materi sharing secara rutin.

Di Media ini, karena penyampaiannya dalam bentuk teks maka teknik yang paling ampuh digunakan adalah copywriting dan teknik closing.

3. INSTAGRAM
Tidak kalah dengan Facebook social media terpopuler yaitu Instagram merupakan social media untuk berbagi gambar visual, perkembangannya yang pesat sesaat dilaunching 2010, membuat Facebook membelinya dengan 1 miliar dollar

tahun 2012. Kini pengguna Instagram lebih dari 800 juta orang di September 2017.
Untuk Instagram, karena medianya dalam bentuk visual, maka tugas kita adalah membuat gambar-gambar yang menarik. Tujuannya agar kalian mendapatkan banyak prospek dalam bentuk follower.

Saran cara ebit bisa menentukan tema khusus untuk instagram kalian agar lebih menarik, seperti hanya menggunakan warna pastel seperti vanilla hijab, atau tema monokrom yang hanya menggunakan warna hitam dan putih dll.

Selain itu kita wajib menggunakan hashtag popular, entah itu yang tidak terkait dengan produk atau spesifik yang terkait dengan produk. Hashtag yang tepat akan membuat postingan kalian muncul di puncak pencarian pertama.

kalian bisa mencari hashtag popular di websta.me atau tagsforlike.com, gunakan sebanyak hashtag popular sehingga potensi postingan kalian muncul ke prospek akan semakin besar.

4. WEBSITE
Website banyak sekali jenisnya, ada yang berisi profil personal, portal berita, blog berisi cerita atau tulisan informatif,
Untungnya memiliki toko online, kita dapat menaikkan personal branding. Apalagi dengan domain atau alamat website dengan menggunakan nama toko kita dot com.

Kemudian selain itu website juga mempermudah kita dalam proses transaksi. Banyak fitur yang tersedia di website, seperti promo berjangka waktu, menyimpan data pelanggan,
menghitung ongkir, selalu standby dalam 24 Jam dan masih banyak lagi.

Untuk membuat website memang diperlukan biaya khusus, mulai dari membeli domainnya, kemudian maintenance kontennya dan lain sebagainya. Namun biayanya sepadan dengan manfaat yang didapat.

Membuat web toko online yang murah dan praktis kalian bisa mencoba webmurah.com atau usahayu.com

5. TELEGRAM
Telegram tampilannya hampir serupa dengan Whatsapp dengan fungsi yang lebih banyak. Dengan begitu ada kelebihan dan kekurangan dari media tersebut.
Kelebihannya, tidak seperti WA yang memakan cukup banyak porsi kapasitas memori smartpone kalian. Telegram menyimpan history chat dalam cloudnya sendiri, alias tersimpan online.

Sehingga walau ganti smartphone, kalian bisa tetap melihat chat-chat lama kalian sebelumnya asalkan tersambung ke internet.
Telegram juga memiliki tipe media sharing satu arah, yaitu Telegram Channel. Biasanya media ini digunakan para mastah untuk memberikan edukasi atau informasi.

Sayangnya karena bentuknya mirip whatsapp, banyak yang kemudian merasa tidak memerlukan telegram dan tidak memasangnya di smartphone mereka.
Sehingga kekurangan TG adalah penggunanya tidak lebih banyak dari WA, namun kita dapat menjaring prospek yang lebih siap menerima edukasi kita.
Kenapa bisa begitu? Karena banyaknya yang menginstall TG bertujuan untuk mendapatkan edukasi dari pebisnis, tokoh atau orang yang mereka ikuti.

6. EMAIL MARKETING
Selain no handphone, database berikutnya yang penting dan awet digunakan adalah alamat email. Sekarang hampir semua social media atau social messenger mewajibkan pemiliknya akun email.
Sehingga email marketing termasuk sarana yang harus di maksimalkan untuk menghasilkan banyak penjualan.
Oleh karena itu mulai dari sekarang, sebaiknya kalian mulai mengumpulkan alamat email dari calon prospek kalian. kalian bisa menukarnya dengan lead magnet yang kalian tawarkan di Sosial media, bisa berupa ebook, video webinar, kupon diskon, sharing materi dll.
Strategi dalam menggunakan email marketing, masih berkutat di sharing materi, bermain copywriting dan teknik closing.

Enaknya, kalian bisa menampung kontak emailnya, mengatur waktu pengiriman email, follow up, dan membuat promosi kalian berjalan secara otomatis.
Untuk lokal kalian bisa gunakan kirim.email atau produk dari luar ada GetResponse dan MailChimp.

7. PAID TRAFFIC
Media terakhir yang bisa maksimalkan adalah Paid Traffic, atau Media Berbayar. Jika sebelumnya kita media organic, alias gratisan sekarang kita akan membahas yang memerlukan biaya untuk menjalankannya.
Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah Facebook Ads, Instagram Ads, Google AdWords, Buzzer dan lain-lain.

Media-media tersebut sangat ampuh memperbanyak prospek, menambah database bahkan meningkatkan. penjualan kalian dalam waktu relatif singkat dibanding media organic.
Hanya saja kalian memerlukan modal biaya di awal, besarnya variatif tergantung besaran budget tersedia atau jangkauan yang kita tentukan. Tentunya semakin banyak biaya yang kita keluarkan, semakin besar jangkauan iklan kita tersebar.

Sengaja cara ebit letakkan untuk paid traffic ini di bagian akhir, karena untuk menggunakan media ini selain kalian memerlukan biaya, diperlukan juga pemahaman khusus.
Jika kalian  menggunakan paid traffic tanpa tau ilmunya, yang kalian dapatkan bukan untung malah bunting.hehehe

Saran cara ebit bila kalian sudah membesarkan media organic, tidak ada salahnya kalian mulai mempelajari media-media paid traffic di atas untuk memperbesar bisnis kalian lebih besar lagi.

Kuncinya adalah terus belajar dan praktek yang rutin. Jangan pernah malas untuk belajar , kalian yakini, bahwa kalian bisa. Jika kalian sedang merintis usaha yang penting kalian jangan pernah malas untuk menjalankannya, selalu berusaha dan berdo’a agar semuanya dapat berjalan dengan lancer.

Mungkin ini sedikit gambaran yang cara ebit berikan, semoga dapat bermanfaat.


Lebih baru Lebih lama