Kenal Dengan PHP

Hallo Semua kembali lagi dengan cara ebit, semoga semua selalu sehat wal’afiat ya,, oke disini cara ebit ingin memberikan pengetahuan tentang PHP apa si itu PHP , buat apa si PHP itu Yu kenal dengan PHP kita simak dibawah ini.

Mengenal PHP

PHP dahulunya merupakan proyek pribadi dari Rasmus Lerdorf ( dengan dikeluarkannya PHP versi 1) yang digunakan untuk membuat home page pribadinya. Versi pertama ini berupa kumpulan script PERL. Untuk versi keduanya, Rasmus menulis ulang script-script PERL tersebut menggunakan bahasa C, kemudian menambahkan fasilitas untuk Form HTML dan koneksi MySQL. Adapun PHP didapat dari singkatan Personal Home Pages. Setelah mengalami perkembangan oleh suatu kelompok open source(termasuk Rasmus) maka mulai versi 3 nya, PHP telah menampakkan keunggulannya sebagai salah satu bahasa server scripting yang handal. Melalui perkembangan yang pesat ini banyak fasilitas yang ditambahkan dan oleh kelompok ini PHP disebut sebagai "PHP: Hypertext Preprocessor" . Sintak yang digunakan berasal dari bahasa C , Java maupun Perl.. Untuk release terbaru dari PHP dapat anda lihat pada web site http://www.php.net 

PHP merupakan bahasa script yang digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru. Semua script PHP dieksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan. Oleh karena itu, spesifikasi server lebih berpengaruh pada eksekusi dari script php daripada spesifikasi client. Namun tetap diperhatikan bahwa halaman web yang dihasilkan tentunya harus dapat dibuka oleh browser pada client. Dalam hal ini versi dari html yang digunakan harus didukung oleh browser client. 

Oke sampai sini sudah paham ya apa itu PHP?
Kita lanjut 

Cara Penggunaan

Untuk dapat menjalankan script php pada web site kita, ada beberapa hal yang perlu kita tambahkan . Pertama tentunya kita harus mempunyai sebuah web server yang mengatur atau memberikan tempat untuk mengeksekusi script php. Web server ini dinstall pada komputer server kita. Saat ini php dapat dijalankan pada berbagai macam web server seperti pws, iis, xitami maupun apache. Kemudian hal kedua yang perlu kita miliki adalah php parser. Apa itu php parser ? PHP parser adalah program yang digunakan untuk menterjemahkan(intepreter) code script dan kemudian mengeksekusinya. PHP parser dapat berupa program yang dijalankan pada suatu shell/DOS prompt yang biasanya berupa program yang telah terkompilasi yaitu php.exe. Selain itu PHP parser bisa juga berupa modul-modul yang diload oleh web server.


PHP juga termasuk dalam HTML-embedded , artinya code php dapat kita sisipkan pada sebuah halaman HTML. Untuk mengetahui bahwa baris - baris HTML merupakan suatu script php maka digunakan pasangan tag. Tag yang dapat digunakan untuk menyatakan script php adalah

                                                           <? … ?>
                              <% … %>
                            <?php … ?>

Diantara ketiga ini tag ketiga merupakan tag yang paling aman karena memberikan tanda yang lebih jelas dan pada umumnya dimengerti oleh web server. Contoh php yang merupakan HTML-embedded
 
File Test.php


<HTML>
<HEAD>
<TITLE>PHP Mania</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<?php
echo "<B>PHP untuk halaman Cara EBIT</B>";
?>
</BODY>
</HTML>

Letakkan file ini pada homepages anda kemudian jalankan web server. Buka alamat http://nama_host/test.php. Jika php terinstal dengan benar maka browser akan menampilkan kalimat " PHP untuk halaman Cara EBIT " dalam huruf dicetak tebal. Selain itu kita juga bisa meletakkan script php pada suatu file berekstensi .php. Yang perlu diingat disini, web server memiliki setting yang benar untuk menjalankan file .php ini. Contoh dengan menggunakan apache web server , maka pada file httpd.conf terdapat potongan baris sebagai berikut :

ScriptAlias /php/ "c:/php/"
AddType application/x-httpd-php .php
Action application/x-httpd-php "/php/php.exe

Tip Agar waktu eksekusi dari script PHP lebih cepat maka kita bisa mensetting web server kita agar menjadikan PHP sebagai modulnya. Cara berikut digunakan pada apache web server. Pada file httpd.conf tambahkan baris berikut : 

LoadModule php4_module c:/php/sapi/php4apache.dll
AddType application/x-httpd-php .php

Untuk penjelasan lebih detail cara mensetting web server apache dapat anda baca di web site : http://www.apache.org 

Oke sampai sini mungkin sudah mengerti ya,, tunggu dan selalu cari artikel yang bermanfaat di cara ebit ya. Jika ada yang kurang mengerti silahkan komentar ya.
Lebih baru Lebih lama