SERANGAN MELALUI INTERNET

1. Pengamanan Komputer Anda

Diera digital seperti ini banyak orang yang menggantungkan segala aktifitasnya pada komputer , seperti untuk mendisain, menulis dokumen, brownsing, dan menyimpan dokumen lainnya. sudah barang tentu jika pengamanan komputer menjadi hal penting. Tentu anda tidak ingin data hilang, rusak atau disalahgunakan oleh pihak lain bukan?

Berbagai ancaman pengamanan komputer tersebut seperti rusaknya hardware, sofware, informasi data atau pengaruh komputer dalam memproses, ada sebagian ancaman informasi dan data yang dilakukan dengan sengaja atau direncanakan, sehingga menimbulkan kerusakan fatal. Pada kasus ini , para penyiusup juga membuktikan kebenarannya dengan meninggalkan pesan pada komputer setelah melakukan perusakan data.

Adakah hukuman yang mengganjar Perbuatan Mereka? Sebenarnya ada hukuman yang dapat membatasi perilaku ini. Kejahatan yang melibatkan komputer disebut  dengan istilah kejahatan computer atau computer crime. Sedangkan prilaku kejahatan yang melibatkan jaringan internet disebut dengan cybercrime atau kejahatan didunia cyber.

Saat ini kejahatan Cyber telah dibedakan menjadi tujuh kategori yang mungkin belum anda ketahui  yaitu : Hacker, Cracker, Script, Kiddle, mata-mata perusahaan, kejahatan karyawan, Cyberextortionist dan cyberterorist berikut ini keterangannya :

a. Hacker
Pada awalnya adalah kata pelengkap untuk pengguna komputer, Namun kini mengacu pada perilaku negatif, yakni pengaksesan komputer atau jaringan secara tidak resmi. Biasanya para hacker menganggap bahwa apa yang dilakukan hanya untuk menguji keamamanan.

b. Craker
melakukan tindakan pengaksesan komputer atau jaringan secara ilegal dengan keinginan kuat untuk merusak data atau mencuri informasi, Seperti kasus pembobolan rekening secara online, karena pelaku mengetahui digit password si pemilik rekening.

c. Script Kiddie
bisa dikatakan hampir sama seperti cracker yakni mencuri informasi atau merusak data dengan program hacking atau craking yang tidak tertulis kedalam jaringan, kasus ini biasanya dilakukan oleh para remaja yagn sekedar mencoba –coba melakukan hacking dan cracking secara sederhana , biasanya ini tidak membutuhkan skil  dan pengetahuan teknis yang tinggi.
d. Mata-Mata Perusahaan
Perusahaan menyewa tenaga ahli komputer untuk menyusup dalam jaringan dan mencuri data serta informasi dari perusahaan atau saingan bisnisnya. Dengan dmikian, ini adalah praktek bisnis yang ilegal karena tidak jujur dalam membangun bisnis. Kasus ini disebut dengan spionase perusahaan atau dikenal dengan Corporate espionage.
e. Kejahatan karyawan
karena adanya sistem yang tidak jelas dalam perusahaan, beberapa karyawan nekat untuk menyusup ke komputer atasanya untuk mencari data dan informasi yang menguntungkan bagi diri sendiri. Ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa ia merasa diperlakukan tidak adil oleh atasanya sehingga melakukannya. Apapun alasanya ini adalah tindakan ilegal dan termasuk dalam kejahatan Cyber.
f. Cyberextortionist
adalah perilaku seseorang yang secara sengaja menggunakan email untuk memeras pihak lain. Email yang dikirim biasanya adalah ancaman bahwa pengiriman akan mengungkapkan informasi rahasia. Mengungkapkan kesalahan keamanan atau mengganggu jaringan pada perusahaan jika perusahaan tidak membayar uang kepada pelaku.
h. Cyberterorist
adalah prilaku yang menggunakan internet atau jaringan untuk merusak komputer karena alasan politik atau keamanan. Kejahatan ini dapat menimbulkan kerusakan yang besar bahkan mengancam seluruh Infrastruktur misalnya mengacaukan kendali lalu lintas udara, memadamkan jaringan listrik, atau memutuskan sumber daya besar, ahli komputer yang handal dan dana yang cukup layak.

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda melakukan pengamanan total dari tindakan ilegal yang akan mengancam keamanan komputer anda.
Ancaman yang sering terjadi adalah serangan dari internet atau jaringan akses dan pengugunaan tanpa izin. Pencurian hardware, pencurian software, pencurian informasi seperti penyalahgunaan kartu kredit atau email dan kegagalan sistem.

Semoga Artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.
Lebih baru Lebih lama