Penyerangan Melalui Internet dan Jaringan

Informasi yang ditransmisikan melalui jaringan memiliki tingkatan resiko keamanan yang lebih tinggi dibandingkan informasi yang berada dalam lokasi perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, adminstrator jaringan biasanya, melindungi jaringan dari resiko keamanan. Koneksi Internet yang tidak meiliki administrator angat riskan terhadap ancaman terhadap pengamanan.

Adapun serangan melalui internet dan jaringan antara lain Virus, Worm dan Torajan Horse, serta penipuan atau spoofing. Dengan adanya ancaman ini , baik perusahaan maupun perorangan sebaiknya melakukan perlindungan komputer terutama jika terhubung dengan internet dan jaringan.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai Virus Komputer Worm dan Trojan Horse.
Virus Komputer adalah program yang memiliki potensi untuk merusak komputer atau menginfeksi komputer. Biasanya kinerja komputer akan berubah dengan sendirinya setelah terinfeksi Virus. Sekali ngeinfeksi maka virus dapat menyebar dan dapat dimungkinkan merusak file bahkan sistem operasi.

Worm adalah program yang menggandakan secara berulang-ulang. Program seperti ini ketika aktif akan menyerang memori atau jaringan. Bahkan dapat menguras sumber daya listrik sehingga berakibat komputer mati total atau jaringan terputus.

Trojan Horse adalah bentuk gangguan komputer yang dinamai dengan legenda Yunani saat penyerangan Bangsa Troya. Bentuknya berupa program yang tersembunyi dalam sebuah folder atau file dan kemungkinan pengguna tidak menyangka karena benar-benar seperti sebuah program , namun ia akan aktif jika pengguna melakukan prngoprasian seperti menyalin atau membuka file. Tidak seperti worm, Trojan Horse biasanya tidak menggandakan diri dalam komputer.

Menurut para Ahli IT, virus, worm dan Trojan Horse ini dikelompokan sebagai malware (malicious Sofrware), yakni program yang aktif tanpa dikehendaki pengguna dan mengubah operasi komputer

Programer yang usil membuat sebuah malware lalu mengujinya agar yakin benar malware dapat mengirimkan payload. Payload adalah kejadian atau trik merusak yang ingin dikirimkan doleh program. Komputer yang terinfeksi virus, worm dan trojan horse akan mengalami kondisi seperti :

Monitor menampilkan oesan atau gambar yang tidak dikenal atau dimiliki oleh pengguna
- Tiba-tiba mendengar musik dan suara yang tidak wajar
- Memori tersedia berubah menjadi rendah
- Program yang ada menjadi hilang atau tidak bisa digunakan
- File menjadi rusak tidak dapat dibuka
- Program tidak bekerja dengan normal , misalnya tiba-tiba menutup dengan sendirinya.
- Program atau file yang tidak dikenali muncul dan tidak bisa dihapus atau di-uninstall
- Adannya perubahan properti sistem.
- Ada 4 langkah virus worm, dan Trojan Horse mengirimkan Payload yakni :
- Ketika pengguna membuka file yang terinfeksi
- Menjalankan program yang terinfeksi
- Menyambungkan komputer dengan media removable yang terinfeksi melalui port yang masuk dalam drive.
- Menghubungkan komputer yang tak terlindungi antivirus dan firewall dengan jaringan

Komputer dapat terinfeksi virus worm, trojan horse ketika pengguna membuka lampiran email yang terinfeksi . Hingga buku itu ditulis telah tercatat lebih dari 81.000 virus worm dan Trojan horse, diperkirakan enam program baru lahir setiap harinya.

Langkah penyerangan virus melalu email
Melindungi Komputer dari Virus, Worm dan Trojan Horse
Atas kesadaran terhadap ancaman virus , worm dan trojan horse maka banyak pengguna menggunakan pengamanan untuk melindungi komputernya. Tak hanya komputer perorangan , komputer di perusahaan dan instansi juga perlu meilndungi diri dari serangan virus ini.

Bila terdapat media removable seperti CD, DVD dan USB Flashdisk yang tersambung pada drive atau port maka lebih baik pastikan bahwa media tersebut steril atau tidak terinfeksi virus. Suatu saat anda mendapatkan email yang terdapat lampirannya, lebih baik anda jangan membukanya sebelum memastikan sumbernya terlebihdahulu. Hapus langsung jika anda tidak mengenal pengirimnya, Apa bila anda mengenal pengirimnya  dan tidak mengharapka lampirannya. Periksalah bahwa sumber tersebut yang mengirimkan lampiran sebelumnya. Ada beberapa program email yang memperlihatkan email sebelum membukanya. Sejumlah virus dan worm mengirimkan playload saat pengguna meilhat pesan diemail. Sebaiknya anda menonaktifkan pilihan message preview di program email.

Beberapa virus ditemukan sebagai macro, yaitu perintah yang disimpan dalam sebuah aplikasi pengolahan kata atau sejenis spreadsheet. Pada aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menulis macro, sebaiknya anda meiliki tingkat keamanan macro yang medium atau rata-rata. Dengan tingkat keamanan medium piranti lunak aplikasi akan memperingatkan para pengguna bahwa dokumen yang mereka coba buka mengandung macro. Dengan adanya peringatan ini, anda dapat memilih untuk mematikan dan mengaktifkan macro. Bila dokumen berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Maka pengguna dapat mengaktifkan macro. Jika tidak macro harus di non aktifkan.

Menambahkan atau menginstal program Anti virus dapat melindungi komputer dari virus dengan mengidentifikasi dan membuang virus yang ditemukan dimemori , media penyimpanan atau file-file yang ditemukan dikomputer. Sebagian besar program anti virus juga melindungi dari worm, trojan horse dan Sypware. Saat anda membeli komputer baru, biasanya komputer itu telah diinstal antivirus.
Program antivirus dapat memindai semua program yang mencoba memodifikasi program untuk boot. Sistem operasi dan program-program lain yang dapat diabaca, buka untuk diubah. Kini sudah bayak program antivirus yang secara otomatis memindai file-file yang didownload dari Internet, lampiran email, file-file yang dibuka, semua media removable yang dipasang pada komputer.

Adapun cara yang digunakan program antivirus untuk mengidentifikasikanvirus adalah mencari virus signature, Virus signature ini juga seting kali disebut oleh para ahli IT sebagai virus definistion yang merupakan pola sepesifik dari kode virus yang dikenali. Anda haru memperbaharui file signature anda untuk program antivirus secara berkala. Memperbaharui file signature, sama hanya mengunduh virus definition baru yang telah ditambahkan sejak perubahan terakhir.

Proses Vital ini memungkinkan program antivirus melindungi komputer dari virus yang dibuat setelah program antivirus diluncurkan. Pada umumnya program antivirus berisi fitur pembaharuan otomatis yang secara berkala meminta pengguna untuk mengunduh virus signature. Perusahaan pembuat antivirus biasanya menyediakan layanan bagi pengguna yang telah terdaftar tanpa memungut biaya tambahan dari jangka waktu tertentu.


Jika program antivirus mengindentifikasi file terdeteksi. Ia akan membuang virus, Worm dan trojan horse. Namu bika antivirus tidak dapat menghilangkan infeksinya, file tersebut akan dikarantina , karantina adalah area terpisah dari hardisk yang menyimpan fil terinfeksi sehingga infeksi tidak mempengaruhi kinerja komputer. Sebuah proses yang memastikan file lain tidak ikut terinfeksi.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda yang belum megetahuinya.
Lebih baru Lebih lama