Pengaturan Waktu pada Komputer, Sebelum Install Dapodik 2021

Pengaturan Waktu pada Komputer


Langkah selanjutnya melakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar. Selengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

a) pada menu pencarian Windows, ketik kata kunci “Date & time settings”, lalu klik Open.


 b) Tampil menu date and time settings, lalu klik “Change” dan sesuaikan dengan waktu saat ini, atau dengan cara menyalakan fitur “Set time automatically” dan “Set time zone automatically” agar lebih akurat.

c) Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu Waktu Indonesia Barat (WIB) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).




Program Pengamanan Dinonaktifkan

Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar, beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:
a) Deep Freeze: harus dinonaktifkan.

b) Antivirus yang membuat service database tidak berjalan sebagaimana seharusnya misalnya Avast, Avira, Symantec, Antivir harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan yaitu Windows

c) Windows Firewall dinonaktifkan jika ingin menggunakan entri data dengan menggunakan jaringan.
d) Untuk menonaktifkan firewall, pilih menu Firewall dan & network protection, lalu pilih network yang ingin dinonaktifkan. Contoh klik menu public network untuk menonaktifkan firewall tersebut.
Defender atau Microsoft Essentials. Antivirus ini dapat diunduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.



e) Selanjutnya, pada bagian Windows Defender Firewall, ubah ke mode
Off.

f) Terakhir, klik yes untuk mengakhiri.



Link :  https://www.caraebit.com/2021/07/pengaturan-waktu-pada-komputer-sebelum.html



Lebih baru Lebih lama