Pemain Futsal yang sekarang Menjadi Pelatih


Apak kabar semua , cara ebit ingin memberikan pengetahuan tentang menjadi Pelatih futsal, ini bisa menjadi pemasukan untuk kalian. sebelumya mungkin kalian sudah mengenal apa itu Futsal ya?

Futsal adalah pemainan bola yang dimainkan oleh kedua team dengan beranggotakan 5 orang dalam pemain utama, namun juga terdapat cadangan dan manager team mungkin untuk turnamen standar berjumlah 12 orang.

Kenapa Ko cara ebit bahasa melatih futsal si? Kayanya apa aja cara ebit apa aja dilakukan ya,, maklum cara ebit harus menghidupi keluarga, jadi apa aja dikerjakan selagi halal.. hehehehehe
Begini, cara ebit ingin membahas ini kenapa, mungkin ada dari kalian yang ini menjadi pelatih futsal, namun tidak tau langkah yang harus dilakukan apa?

Cara ebit sedikit cerita ya, cara ebit Dulu Pemain Futsal yang sekarang menjadi Pelatih, cara ebit dulu seorang pemain sepak bola, yang dari kecil berlatih sepak bola dijayakarta, namun hanya berjalan 3 tahun, setelah itu cara ebit hanya menjadi seorang pemain bola kampungan, bisa disebut tarkam..hehehehe (tarikan kampong), kemudian sekitar tahun 2008 cara ebit baru mengenal yang namanya futsal, mungkin dulu futsal tidak seramai sekarang, cara ebit sering tarkam kalo diajak, ya  lumayan dulu menambah pemasukan cara ebit buat beli permen,

Sampai setiap hari kerjaan cara ebit main bola terus, bisa-bisa sehari 3 x udah kaya makan nasi,,Ketika sekitar tahun 2011 cara ebit harus berhenti dan fakum bermain bola futsal ataupun sepak bola karna Dengkul cara ebit geser, disitulah harapan dan keinginan pupus sudah, cara ebit harus memakai tongkat selama 4 bulan. Bukan waktu yang singkat. Banyak temen cara ebit yang sekarang sudah berada dilevel Liga dan teamnas Futsal.

Tahun 2017 cara ebit mendapatkan tawaran sebagi pelatih Futsal disebuah sekolah SMK, dan SMP, akhirnya cara ebit menerima tawaran. Untuk gaji ya lumayan untuk beli susu anak,hehehe

Apakah cara ebit punya lisensi Pelatih?
Jawabanya : belum, kenapa belum? Karna cara ebit melatih sekolah, mungkin cara ebit ingin memiliki lisensi, tapi menurut cara ebit belum ada waktu yang pas untuk memiliki lisensi. Semua butuh proses untuk bisa meningkatkan level kepelatihannya. Memiliki lisensi itu butuh dana, untuk pelatihannya, kalo kalian memiliki dana yang cukup bisa saja, dan ditopang dengan pengetahuan kalian.

Terus apa saja si untuk menjadi Pelatih itu?
Jawabanya : 
  1. Dasar-dasar futsal, kalian harus memiliki ini untuk melatih pasing control, karna kalo dasarnya kalian tidak mengerti , nanti kalian bingung sendiri.
  2. Fisik, Kalian harus memiliki tehnik untuk melatih fisik agar pemain tetap segar dan bugar, bisa tetap stabil dalam permainan, ingat ini cara ebit melatih sekolah ya beda dengan level liga,, mereka memiliki pelatih  ga Cuma satu, masing-masing punya bagiannya.
  3. Tehnik, jika kalian memiliki tehnik itu akan lebih baik , namun tehnik ini bisa diasah dan dilatih.
  4. Strategi, ini yang disebut taktik, kalo kalian melihat permainan Barcelona, atau permainan futsalnya mereka memiliki ciri khas dalam bermain, taktik ini sangat penting,
  5. Game, kalian harus memiliki juga beberapa permainan agar anak didik kalian tidak jenuh dan bosan dengan latihan itu-itu aja.

Apakah harus seorang pemain Futsal untuk bisa menjadi pelatih?
Jawabanya : tidak, kenapa tidak? Yang penting kalian memiliki kunci dasar dan pengetahuan. Contohnya :

1. Jose Mourinho
Bermodalkan ayah seorang pemain sepak bola profesional, Jose Mourinho telah mengenal dunia sepak bola sejak usia dini. Sejak sepak bola telah menjadi bagian dari dunia, ia sempat bertekad mengikuti jejak sang ayah. Namun sayang, ternyata keinginannya tersebut tidak mampu diraih disebabkan masalah fisik. Ambisinya beralih untuk menjadi seorang pelatih sepak bola.
Sempat dimasukkan ke sekolah bisnis oleh sang ibu, Jose Mourinho ternyata masih memiliki sepak bola dalam jiwanya sehingga untuk beralih ke pendidikan kepelatihan. Walaupun belum pernah menjadi pemain profesional, kini Jose Mourinho telah menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia.

Seperti yang cara ebit pernah bahas, asah keaahlianmu, dibidang apakah kamu Berada? Pelajari itu, jangan banyak keinginan namun tak tercapai, lebih baik satu keinginan tapi terealisasikan.
Menjadi pelatih futsal sangat menyenangkan sekali kalian berbagi ilmu dapet Pahala juga, semoga kalian yang ingin menjadi pelatih futsal bisa tercapai ya, ingat kalian harus memulai semua dari angka yang cara ebit suka yaitu Nol (0). Kenapa angka Nol, Buat cara ebit itu angka yang selalu membuat cara ebit ingin selalu menikmati proses belajar dan tidak pernah puas dengan belajar. Semua dimulai dari 0. Ketika kalian terjatuh kalian akan berada dititik yang sama. Namun kalian sudah siap menghadapinya,

Oke sampai sini dulu ya cara ebit memberikan sedikit solusi untuk kalian yang ingin menjadi Pelatih. Good night




Lebih baru Lebih lama